Posted in Catatan Naylaa

Refleksimu dan Pemerintahanmu


Ada salah seorang Khawarij mendekati Ali ra dan menghardik beliau, ” wahai Ali kenapa pada pemerintahanmu banyak sekali kekacauan di masyarakat yang tidak kami jumpai pada masa pemerintahan sebelummu seperti pada masa khalifah Abu Bakar RA, Umar RA, Usman. Sedangkan pada masa pemerintahanmu banyak terjadi pertumpahan darah di antara kami?!”

Ali RA terdiam lalu menjawab pertanyaan orang itu, “wahai fulan ketahuilah kenapa pada masa pemerintahan Abu Bakar RA, Umar RA, dan Usman RA tidak ada kekacauan dan pertumpahan darah sesama ummat Islam karena rakyat yang hidup pada masa pemerintahan mereka orang-orangnya sepertiku, sementara rakyat yang hidup pada masa pemerintahanku orang-orangnya sepertimu!”

Menutup lembar cerita dari buku Menyimak Kicau Merajut Makna Salim A Fillah.
Melihat ke sekeliling dan diri sendiri.
Bahwa bisa jadi saya dan teman-teman mengambil porsi dalam menciptakan perubahan atau malah kemunduran di sekeliling ini.
Sesak. Malu.

Saya mengambil contoh flashback aktivitas kita selama 1 hari ini. Apa saja yang sudah kita lakukan?

Jika kita melihat pemberitaan yang ada di berita baik cetak atau pun televisi, apa yang kemudian kita lakukan?

0Lebih banyak mengkritisi, memberikan solusi positif, atau malah mencecar seperti yang lain?

Ambil contoh, saya melihat gerakan yang dilakukan Kang Ridwan Kamil untuk daerah barat melalui salah satu link media. Banyak hal yang dia gagas, terutama untuk menumbuhkan semangat keislaman di masyarakatnya, salah satu ambil contoh dengan memberikan absen shalat kepada para pekerja. Sebuah langkah nyata dari seseorang yang memang visioner. Tapi coba lihat apa yang dilakukan orang-orang yang bersikap sebagai penonton? Memberikan komentar-komentar di link tersebut dengan sindiran “sok agamis lah”, “ngapain fokus ke situ”, “munafik loee”, dan sebagainya.

Ah, saya malu.
Tertampar.
Negeri ini…

Saya yakin, mereka yang berakal dan memiliki moralitas baik (tidak pelu menunggu berpendidikan tinggi) akan memberikan respon yang baik ketika melihat ada hal yang baik digagas di hadapan mereka. Maka, saya sendiri menjadi miris melihat perbandingan jaman pemerintahan kita dengan para sahabat. Jika pada zaman sahabat Ali dengan sebelumnya saja seperti itu, bagaimana bisa kita bandingkan dengan zaman pemerintahan sekarang? Benarkah pemerintahnya yang salah, atau rakyatnya mengambil porsi banyak dengan bersikap apatis, komentatoris, dan sejenisnya?

Dalam posisi apa pun itu, saya kemudian teringat sebuah kalimat dari rasulullaah, “Barang siapa yang percaya kepada Allah dan hari akhirat hendaklah dia berkata yang benar atau diam.” Menusuk! Tajam! Cukup kitalah yang bisa menjaga lisan, melakukan tindakan perbaikan, atau diam menjauh dari kesia-siaan.

#noted
dan pas sekali poster ini:

stop complaining your country! just DO your part well. Because you are your country.
602254049

Taipei, Ruang E-Laboratory
01 October, 19.29
Di tengah penantian menunggu profesor yang tak kunjung datang
sementara submit paper tinggal hitungan jam
#selftalknduk

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

2 thoughts on “Refleksimu dan Pemerintahanmu

  1. Demi Allah saya juga sedang memikirkan hal ini…
    akhir2 ini emang sering terlihat di Media kiprah walikota Bandung ridwan kamil dan walikota surabaya.

    aku berfikir, mengapa cirebon tidak dipegang oleh pemuda2 yang baik dan visioner seperti bandung yang dipegang oleh Ridwan Kamil… satu lagi, Ridwan kamil memanfaatkan komunitas kreatif Bandung yang diisi oleh pemuda-pemuda kreatif.

    mungkin Nila bisa melakukan perubahan yang sama untuk Malang,😀

    1. wallahualam mas. menempatkan orang di sektor-sektor tertentu itu pun tidak lah boleh sembarangan juga kan? kanjeng nabi bilang kalau sembarang meletakkan orang pada amanah tertentu maka tunggulah kehancurannya. dan saya sendiri sadar, bukan dalam tataran orang yang cocok dilepas dalam lingkungan public sector. jika pun tidak d sektor itu, masih ada third dan private sector. silakan d ukur mas🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s