Posted in Catatan Naylaa

Reportase Singkat Halal Taiwan Expo 2013


Sejak tanggal 26-29 Juni 2013 kemarin, taiwan mengadakan gelar pameran makanan se-Taiwan. Dan yang tidak kalah serunya bagi saya pribadi dan teman-teman muslim lainnya adalah Expo khusus untuk makanan halal. Awalnya saya mengira bahwa 1 hall expo yang ada di Gedung TWTC ini khusus untuk halal expo saja dan saya juga sempat takjub dengan pengunjung yang luar biasa membludak. Meski akhirnya saya baru tahu bahwa sebenarnya expo ini digelar untuk semua jenis makanan.

IMG_5346

Sebenarnya pada kesempatan kemarin saya berusaha mengajak teman-teman lokal taiwan yang ada di lab tapi sepertinya waktunya kurang tepat karena bertepatan dengan lab meeting.

Berikut adalah beberapa produk yang bersertifikat halal dan tersebar di Taiwan, mulai dari makanan, minuman, hingga kosmetik. Bisa melihat langsung secara lengkap jenis produk yang tersedia di WEBSITE HALAL EXPO TAIWAN 2013.

IMG_5347

#Pineapple cake dan aneka cake halal lainnya

IMG_5348

#Produk yang paling saya suka, ice cream ~ dan ini adalah ice cream goreng. apalagi saya dapatnya gratis😀. Ini salah satu produk dari teman-teman Malaysia

IMG_5364

#Produk kosmetik halal dari Dr. Hu. Beli dua dapat 1 free. dan gratis jadi model uji coba😛 #pengalaman kemarin

IMG_5525

#Halal Soy bean. discount beli dua😀

IMG_5561

#Tepung panir halal. saya dapat free dari teman2 perusahaan di expo ini

IMG_5358 IMG_5359

#Nah kalau yang ini produk halal aneka jenis mie sehat yang tidak masuk di stan halal tapi ada di stand Food Expo umum. Beliau bercerita bahwa baru 2 hari mendapatkan sertifikat halal di Taiwan🙂

Sebenarnya, ketika mengunjungi expo ini saya jadi bisa memetakan berapa persen penduduk muslim yang ada di Taiwan, berapa persen perusahaan di Taiwan yang mau mengupayakan logo halal di produknya, atau berapa banyak orang lokal yang mau berkunjung ke stand halal.

Dan kemudian saya bisa menarik kesimpulan sederhana bahwa stand untuk expo halal ini jumlahnya memang kalah jauh dibandingkan stand yang tidak menyediakan logo halal. Ini masih menjadi PR besar dan tanda tanya bagi saya. Apakah sulit mengupayakan sertifikat halal di produk yang mereka punya? Semoga saya bisa menanyakannya di kunjungan ke CMA (Chinese Moslem Association) nantinya. Dan yang perlu di noted lagi ternyata, tidak semua yang memiliki stand halal ini beragama Islam. Jadi, sebenarnya beberapa perusahaan itu aware dengan keberadaan muslim sehingga mereka mau capek-capek mengupayakan ada logo halal di produknya.

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

4 thoughts on “Reportase Singkat Halal Taiwan Expo 2013

Leave a Reply

