Posted in Catatan Naylaa

Hanya Penggal Kemanfaatan


Selepas subuh tadi saya membuka kembali akun twitter. Seperti biasa saya mencoba mengupdate tiap hari berita yang ada di tanah air. Alangkah kagetnya saya ketika saya membaca akun2 berita yang menyatakan bahwa ustad uje meninggal. Innalillaahi. Rasanya baru saja saya mendengarkan kajian beliau via tulisan online beberapa hari lalu.

Dan indonesia pun berduka. Kita kehilangan salah seorang alim ulama lagi ketika tahun lalu ustad zainuddin MZ meninggal menjelang mendekati bulan ramadhan. Kami kehilangan beliau yang sangat kuat dalam berdakwah dan bacaan qur’an nya yang menyayat hati pendengarnya.

Kepergian beliau mengingatkan saya akan penggalan salah satu episode di tahun 2008. Ketika itu saya tengah berdiskusi dengan salah satu senior saya di BEM yang cukup menginsipirasi saya karena manajemen waktunya yang sangat baik dan keproduktifan dia. Di salah satu diskusi kami, sejenak dia menunjukkan lembar evaluasi dia dari asrama tempat dia di kader. Beberapa pertanyaan di form tersebut menanyakan plan dia kedepan baik jangka pendek, menengah dan panjang, apa kontribusimu nantinya secara mendetail. Dan satu pertanyaan yang cukup menusuk saya pribadi saat itu, siapa saja yang akan mengantarkanmu ke dalam kubur ketika kamu meninggal? Ibu, kakak itu mungkin mau. Tapi bagaimana dengan yang lain? Tetangga? Teman2? Sahabat? Saudara? Apakah mereka mau mengantarkan kita? Atau malah dengan kepergian kita mereka merasa lega dan tidak merasa kehilangan sama sekali karena dulu kita banyak berbuat jahat? Lagi-lagi saya terdiam seribu bahasa. Saya teringat banyaknya orang yang datang melayat ke rumah ust uje, mensholati beliau hingga mengantarkan ke dalam kubur. Bukan puluhan tapi hingga ribuan.

Sebuah pertanyaan besar bagi saya pribadi, seberapa besar sudah kemanfaatan saya untuk orangtua, dan orang sekitar saya? Sudah seberapa besar itu memberikan kebaikan dan menginspirasi mereka untuk menularkannya sebagai amal jariyah?

Ya, saya tahu tidak pernah ada kata terlambat untuk berubah. Bahkan seorang ust uje yang dulunya pernah tenggelam dalam gelapnya kemilau dunia hitam dan narkoba pun mengalami perubahan luar biasa besar dengan bertobat. Bertobat dan bermanfaat. Bermanfaat dan menginsipirasi.

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

Leave a Reply

