Posted in Road to Taipei

Applications for applying Taiwan Campus


Bismillaah. Kali ini saya mau share tentang next step ketika teman2 di terima di NTUST. Note kali ini sekaligus menjawab permintaan teman2 saya double degree di ITS. #Keep fight guys ^^b

Nah, setelah dag dig dug menunggu hasil pengumuman dan dinyatakan kalau teman2 di ACCEPT di NTUST, ada beberapa berkas yang teman2 harus siapkan.

Sebenarnya, saya agak2 lupa berkas apa saja yang dibutuhkan untuk karena sudah agak lama ya. Tapi saya coba tulis dan monggo kalau ada yang kurang bisa d tambahkan.

1. Medical Check Up
Medical check up menjadi syarat wajib bagi teman2 untuk bisa masuk ke asrama/dormitory. Saya sarankan teman2 WAJIB lulus, karena jika teman2 tidak lulus otomatis teman2 harus tinggal d luar dan biayanya SANGAT MAHAL. Not recommended deh. Di medical check up ini teman2 akan di cek semua badan, mulai dari mata, darah, paru-paru, telinga hidung tenggorokan, feses, dan urin. Saran saja, ketika datang usahakan pagi sekali. Jam buka adalah jam 8. Jika teman2 agak siang datangnya, kemungkinan besar akan bebarengan dengan mbak2 TKI yang juga akan tes dan itu antrinya akan panjang.

Oya untuk medical check up, setelah hasil jadi keesokan harinya dan hasilnya baik, teman2 akan d minta untuk menscan file tersebut. File kemudian d upload di halaman website: http://entry5.ntust.edu.tw/FA_FrontEnd/activated.aspx?Mail=npd/ppibzA888mf%60jo.

Jika dokumen sudah d terima semua oleh pihak kampus, tampilan web tersebut akan berubah seperti ini:

accept

2. Paspor
Paspor menjadi syarat wajib bagi teman2 untuk berangkat. Dan tanpa paspor teman2 ndak mungkin bisa mengurus visa. Usahakan, dari sebelum diterima teman2 sudah membuat paspor. Syarat berlaku 5 tahun kq, jadi bisa d sambi buat jalan2 ke Negara lain juga. Next suggestion adalah untuk mempersingkat waktu pendaftaran, teman2 bisa mengirim berkas via online. Coba d search linknya d google. Cara ini akan menyingkat waktu 1 hari di kantor imigrasi. Pengurusan paspor untuk keberangkatan sangat mudah kq karena tujuan kita kesana itu studi, bukan kerja sehingga ketika ada sesi wawancara singkat di kantor imigrasi kita tidak akan dipersulit. Saya sarankan juga untuk tidak menggunakan calo ya. Biaya pengurusan normal Cuma 254.000 kalau saya tidak salah.

paspor

3. Loa Asli
Ketika teman2 dinyatakan diterima via email, teman2 akan mendapat softkopi file LoA kita. Jangan senang dulu! Teman2 harus menunggu loa asli teman2 dikirim oleh NTUST. Pengiriman memakan waktu sekitar 2 minggu dari taipei ke indonesia. Tanpa LoA asli, teman2 tidak akan bisa mengurus visa student/resident. Nah, saya sarankan ketika teman2 ditanya NTUST tentang alamat rumah, berikan alamat yang mudah di cari oleh pihak pos. Atau kalau perlu pinjam alamat rumah tetangga atau saudara. Karena saya masih ingat ketika teman saya yang tinggal d daerah kabupaten, ada beberapa yang sampai 3 kali harus d ulang di kirimi LoA. Dan itu akan menunda waktu jadi Visa kita nantinya.

loa1

loa2

4. Visa
Sebelum mengurus visa, pastikan bahwa teman2 termasuk dalam kategori mahasiswa yang diterima dengan beasiswa apa. Jika teman2 termasuk yang tidak mendapat tution fee atau tidak mendapat baik full atau partial, teman2 harus membuat surat pernyataan dari bank yang ditanda tangani orang tua kalau tidak salah. Selain itu, teman2 harus memprint buku rekening dengan saldo minimal 10 juta. Hal itu karena pihak taiwan ingin menjamin bahwa teman2 tidak akan ‘terdampar tak berdaya’ di taiwan tanpa dana yang jelas. Hehe.

Untuk visa, semua berbeda bergantung pihak kampus penerima. Jika NTUST, dia akan meminta kita untuk apply visa resident, buka visa student. Mohon diperhatikan ya ^^.
Nah, ada berkas2 yang perlu teman2 perhatikan dan itu cukup banyak. Untuk detailnya teman2 bisa membuka link ini: http://www.roc-taiwan.org/ID/ct.asp?xItem=352484&ctNode=9324&mp=292
Yang perlu diperhatikan adalah jangan mepet dalam waktu pengurusan atau pun menunda-nunda. Teman2 juga harus memperhatikan pengurusan visa itu dilakukan sendiri atau oleh agen. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan, terutama biaya.

Berikut saya lampirkan contoh visa. Mohon maaf tidak menampilkan versi asli untuk kerahasiaan data😀 #FBImodeON. Tapi jika kita apply resident visa, pada bagian atas akan ada tulisan resident visa.

visa_clip_image002

#Sekian dulu ya. Punggung saya sakit kebanyakan duduk. See you next time😀

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s