Posted in Catatan Naylaa

Bergerak atau Tergantikan


Pembahasan kali ini agak berbeda dari sebelum-sebelumnya. Karena menyesuaikan dengan tema yang saya baca.

Beberapa waktu lalu saya membaca postingan teman tentang berharokah. Saya sangat setuju dengan pendapatnya yang menyatakan bahwa semua memiliki tujuan masing2, dengan jalan berbeda tetapi tetap seiya sekata. Menegakkan kalimatullaah dan memperoleh jannahnya.

Sering sekali kita temui berbagai harokah atau yang umum teman2 bilang sebagai pergerakan. Dan, tak jarang satu sama lain itu saling mencibir satu sama lain. Sudah mencibir, bergeraknya jarang pula. Mana produktivitasnya? Yang satu bergerak ke X, eh di komen, kerjanya gini2 gitu2.. Intinya saling mencibir satu sama lain. Halo??? Sudah seberapa tahukah kita dengan isi hati seseorang?

“…dan janganlah kamu termasuk orang-orang musyrik, yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan meraka”. (QS.30:31-32)

“Sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agama dan mereka (terpecah) menjadi beberapa golongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu terhadap mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanyalah (terserah) kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada apa yang telah mereka perbuat”. ( QS.6:159 ).

Ada pula yang menjadikan hadits d bawah ini sebagai dalil untuk tidak bergerak dalam satu jama’ah.

“Bahwasannya bani Israel telah berfirqah sebanyak 72 firqah dan akan berfirqah umatku sebanyak 73 firqah, semuanya akan masuk Neraka kecuali satu.” Sahabat-sahabat yang mendengar ucapan ini bertanya: “Siapakah yang satu itu Ya Rasulullah?” Nabi menjawab: ” Yang satu itu ialah orang yang berpegang sebagai peganganku dan pegangan sahabat-sahabatku.” HR Imam Tirmizi.

Pun, jika itu menjadikan seseorang untuk tidak bergerak dalam suatu kereta bersama untuk berjamaah pun tidak bisa. Karena ada “penguat2 yang lain”.

Tidak ada islam kecuali dengan jama’ah, Tidak ada jama’ah kecuali dengan imam, Tidak ada imam kecuali dengan Bai’at, Tidak ada bai’at kalau tidak ada taat. (Umar r.a)
Dari Auf bin Malik, dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:”Yahudi telah berpecah menjadi 71 golongan, satu golongan di surga dan 70 golongan di neraka. Dan Nashara telah berpecah belah menjadi 72 golongan, 71 golongan di neraka dan satu di surga. Dan demi Allah yang jiwa Muhammad ada dalam tangan-Nya umatku ini pasti akan berpecah belah menjadi 73 golongan, satu golongan di surga dan 72 golongan di neraka.” Lalu beliau ditanya: “Wahai Rasulullah siapakah mereka ?” Beliau menjawab: “Al Jamaah.” HR Sunan Ibnu Majah.

“Akan ada segolongan umatku yang tetap atas Kebenaran sampai Hari Kiamat dan mereka tetap atas Kebenaran itu.” HR. Bukhari dan Muslim.
Ustadz Al- Maududi mengatakan, “Di antara sunatullah di atas bumi ini ialah, bahwa da’wah (Islam) ini harus diperjuangkan oleh orang – orang yang senantiasa memeliharanya dan dan mengatur urusannya.”
Ustadz Hasan al-Banna mengatakan, “Da’wah ini wajib dibawa oleh suatu jama’ah yang mempercayainya dan berjihad di jalannya.”

Ustadz Sayyid Quthb berkata, “ Bagaimana proses kebangkitan Islam dimulai? sesungguhnya ia memerlukan kepada golongan perintis yang menegakkan kewajiban ini.”
Ustadz Sa’id Hawwa berkata, “ Satu – satunya penyelesaian ialah harus tegak jama’ah.”
Ustadz Fathi Yakan berkata, “Rasulullah tidak pernah sama sekali mengandalkan kepada kerja individual (infiradi), tetapi sejak awal beliau telah menganjurkan penegakan jama’ah.”

Dan, Sekali lagi perlu kita ingat, Kereta dakwah itu tetap akan jalan dengan ada atau tidaknya kita. Karena, sudah sunatullaah meski dalam kondisi masa yang buruk pun, masih ada orang2 yang meninggikan kalimatullaah.

Jika pun kita tidak mau bergerak, tidak usah khawatir. Allaah masih punya para pengganti2 kita. Tidak percaya? Silakan di buka QS. Muhammad.

Sekarang, tinggal kita yang mau memilih. Bergerak, atau tergantikan?

#smile

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s