Posted in Catatan Naylaa

Memakna Syukur


Bagi mereka yang sering bersama saya ketika di masa kuliah, mereka pasti akan mengenal saya sebagai orang yang paling sering bilang, jangan lupa bilang kata “tolong”, dan “terima kasih”. Bukan hanya menjadi satu dua baris kata, tapi sarat akan makna. Bukan mengharap pujian atau pun sanjungan. Pun untuk hal sekecil apa pun yang kita terima dari seseorang. Tak menghargai yang kecil, takkan mampu menghormati yang lebih besar. Dan ketika tak bisa membiasakan diri berterima kasih kepada manusia, takkan mudah untuk mensyukuri yang Allaah beri. Dengan selalu tak mendapatkan apa yang kita sukai, kita akan terbiasa untuk berusaha menyukai apa yang kita punyai. Maka jadilah ia sebagai bentuk kesyukuran tiada tara.

Mengucap syukur itu melatih ketakjuban. Terbiasa mengucap syukur pada hal kecil, maka kita akan menerima hal besar sedikit saja akan timbul perasaan luarbiasa bahagia. Dunia terasa mengalir memberi nikmat. Berbalik rasanya tatkala menerima sedikit itu terasa sempit di hati dan kurang. Tak akan ada rasa puas, selalu ingin bertambah dan bertambah. Hati ini jadi tak lapang dan sempit.

Bersyukur itu menambah. Tatkala kita mengucap kata “terima kasih”, maka akan ditambahkan pula dengan bumbu “kasih”, rasa karunia tak terbatas, sebagai penyedap rasa.

Syukur dengan mengingatkan teman untuk selalu mengucap terima kasih itu pun terasa. Tatkala saya lupa, mereka pun ganti mengingatkan. Bukankah memang tidak ada yang lebih indah daripada mengingatkan dalam kebaikan?

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s