Posted in Catatan Naylaa

Tahsin: Menghafal Al Qur’an itu MUDAH


Bismillaah.. kembali ingin berbagi pengalaman. Ahad malam kemarin adalah kali pertama saya ikut tahsin di taiwan. Buat yang belum tahu, sederhananya tahsin adalah belajar memperbaiki bacaan al quran. Kalau di kajian jurusan saya dulu untuk memudahkan teman2 memahami, kami menggunakan istilah BBQ *Baca Bareng Quran. Insya Allaah nikmatnya BBQ ala islam ini selezat dan bahkan lebih lezat dibandingkan dengan BBQ bakar biasanya, karena ada bumbu iman dan ukhuwah juga disana.

Konsep tahsin disini sederhana saja. Tahsin diadakan di kamar salah satu teman kami yang kemudian memang menjadi pembimbing kami, yaitu mbak Nikmah. Untuk hafalan, mbak satu ini memang was wes wos keren, hehe. Dan pas sebelum kami memulai agenda ini, teman2 yang sebelumnya sedang ikut liqo ceria menyelesaikan hafalan. FYI, setiap selesai liqo ceria, teman2 akan menyetor hafalan kepada mbak nikmah. Surat yang dihafal pun beraneka ragam, bergantung pada sudah sejauh mana hafalan teman2 itu sendiri. Dan saya pribadi sempat terpukau dengan hafalan surat Ar Rahman dari mbak shofi. #speechless karena saya sendiri baru ¾ menghafalnya dan mudah terbalik2.

Nah mengingat ternyata ini adalah tahsin pertama di Spring, mbak nikmah kemudian mengajak teman2 untuk share tentang tips2 menghafal al Qur’an. Moment yang sangat pas karena banyak sekali teman2 yang dulu pernah mondok di pesantren hingga bertahun2. Berikut adalah kutipan dari beberapa narasumber ~ #cekidot🙂

n1390970475_30161785_6687080

1. Tips dari mbak Nikmah
Ibu dari 1 puteri kecil ini bercerita bahwa beliau terbiasa menghafal 1 hari 1 ayat. Lebih tidak masalah, berdasarkan kemampuan menghafal masing2. Dan menjadi salah satu keuntungan menjadi seorang murrobiyah atau ustadzah adalah tidak ingin merasa kalah dengan yang lain. Maksudnya adalah beliau suka sekali menjadikan adik2 binaannya sebagai pemicu untuk meningkatkan semangat belajar. Salah satunya adalah mbak nikmah suka menjadikan mbak shofi sebagai katalis menghafal. Jika mbak shofi bisa hafal 1 surat X, maka mbak nikmah harus bisa lebih dulu menghafal. “Masa’ murobbiyahnya kalah sama adik binaannya lho? Ndak kan?” sahut mbak nikmah. Hmm, benar juga.

284534_1954192457884_1334870647_31948711_4314512_n

Tapi, yang perlu diwaspadai dari menghafal model ini adalah ketika ada hambatan atau ke stag an dari faktor katalis itu. Misalnya nih, mbak shofi tiba2 tersendat di jus 29, maka mbak nikmah bisa saja juga jadi berhenti menghafal. Jadi, butuh adanya faktor X lain sebagai katalis kita semangat menghafal.

2. Tips dari mbak Maisyah a.k.a mbak icha
Berbeda dengan mbak nikmah, mbak satu ini merupakan salah satu “tetua” di kamar saya he2. Beliau sudah mondok lebih dari 6 tahun di darul ulum dan alhamdulillaah juga menjadi puteri pemilik salah satu pesantren. Tips yang mbaknya berikan adalah mencoba menghafal dari surat yang paling mudah, misalnya jus 30 dulu, baru dilanjutkan ke jus 29, 1, 2, 3, dan seterusnya. Untuk jumlah hafalan biasanya mbak icha setor hafalan minimal sehari 1 halaman. Nah, untuk muroja’ahnya, hari berikutnya beliau setor hafalan hari itu dan hafalan hari sebelumnya. Terus begitu. Baru ketika hafalan sudah melebihi sepertiga jus maka kembali ke awal.

3. Tips dari mbak Shofi
Tips ini sebenarnya tips yang saya minta pribadi kepada mbak shofi untuk berbagi bagaimana menghafal surat Ar Rahman hehe. Karena memang surat ini adalah salah satu favorit saya dan saya suka melafalkannya karena bacaan salah satu imam masjid di surabaya yang enak sekali melantunkannya. Nah, seperti yang sudah diketahui jika teman2 perhatikan, surat ini sebenarnya selalu menggunakan pengulangan beberapa ayat. Beberapa bilang jika menghafal surat 78 ayat ini sebenarnya seolah menghafalkan separuh surat saja karena ada pengulangan berulang2. Hanya saja jika tidak hati2, maka akan terbalik2 dalam menghafal, dan itulah yang saya alami. Jadi, tips dari mbak shof untuk menghafal ar rahman adalah dengan memecah ayat menjadi dua sisi dalam kertas. Ayat yang diulang2 berada di sisi kanan, dan ayat yang tidak diulang berada di sisi kiri. Kemudian, kertas dilipat menjadi dua sehingga nampak salah satu sisi saja. Nah, yang dihafalkan adalah ayat yang berada di sisi kiri atau berarti ayat yang tidak diulang. Begitu🙂

Begitulah tips-tips singkat pada sesi tahsin kemari. Tapi perlu digaris bawahi bahwa memang menghafal tidak mudah. Butuh kesabaran dan keistiqomahan. Namanya mencari pahala itu tidak mudah bukan? Pasti ada ujian yang akan diterima oleh para penghafal al Qur’an. Sama seperti yang dialami oleh Imam Ghazali ketika beliau tidak sengaja melihat aurat salah seorang wanita. Berapa ribu hadits yang kemudian menghilang dari hafalan beliau? Itu adalah ujian kepada beliau.

Para penghafal Al Qur’an harus senantiasa menjaga kebersihan hati, mulai dari niat dan perbuatan, makanan, ucapan, dan pakaian. Apalagi untuk mereka yang tinggal di negara lain dan jauh dari sanak saudara yang mungkin biasa mengingatkan. #selfreminder. Tapi insya Allaah, dengan semangat memberikan kado terbaik berupa kapling surga untuk orang tua sebagai balasan untuk para penghafal al Qur’an bisa menjadi motivasi tersendiri bukan? Untuk yang belum menikah, mensyaratkan calon suami bisa membaca al quran dengan baik pun tidak masalah karena itu bisa menjadi salah satu jalan kita dalam memudahkan belajar al quran setiap harinya di rumah insya Allaah.

Oya, catatan tentang menghafal dan lebih dekat dengan qur’an juga pernah saya tulis di dauroh tahfizh dan tahsin part 1 dan dauroh tahfizh dan tahsin part 2. Semoga bermanfaat ^_^)b

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

2 thoughts on “Tahsin: Menghafal Al Qur’an itu MUDAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s