Posted in Memoar Perjalanan, Taipei Caleidoscope

Taipei City Caleidoscope #2 – Taipei Fasilities


Banyak pelajaran bagus yang bisa diambil dari sini, terutama bagi Indonesia. Kita menengok kepada sisi pertama yang dibanggakan taiwan, yaitu kendaraan umum. Disini, bisa terbilang orang lebih suka menggunakan kendaraan umum seperti MRT, kereta, bis, atau pun sepeda.

1. MRT dan kereta
Apa bedanya kedua kendaraan ini? Hampir mirip, tapi kereta sifatnya otomatis, tidak memiliki masinis. Sedang MRT kadang memiliki 2 masinis, di bagian kepala dan ekor. Baik MRT dan kereta disini sangat, sangat, bersih.

4192081977_e67917c741_z

Saya baru menyadari kenapa bersih, karena di dalam keduanya ada aturan tidak boleh membawa minuman, makanan, atau pun rokok. Jika ketahuan, maka akan didenda sebesar NT$7500. Jumlah yang terhitung besar, separuh lebih dari beasiswa saya.

Nah, disini kendaraan sangat support kepada kaum yang dissable, ibu hamil/menyusui, dan orangtua. Untuk kaum dissable, mereka disediakan jalur untuk naik MRT sendiri, dan ketika naik atau turun dengan menggunakan lift. Great bukan? Untuk naik ke MRT pun petugas siap membantu sekali. Kemudian, untuk ibu menyusui/hamil, hingga orangtua memiliki tempat duduk sendiri. Jadi, di kedua kendaraan tersebut ada perbedaan warna tempat duduk. Biru muda untuk mereka yang muda, sedang biru tua untuk mereka yang sakit, menyusui/hamil atau pun sudah. Tapi memang itu semua kembali kepada individu2 di taiwan. Saya melihat di taipei sendiri orang2 saling memberikan kesempatan kursi kepada orang lain.

special-design-for-xin-bei-tou-mrt

Untuk MRT, charge yang dikeluarkan sekitar NT$20 – bergantung pada jalur yang dituju. Kita bisa membayar dengan kartu bernama easy card.

e-buy

Atau pun kita bisa membeli koin di kotak mesin berikut ini.

mesin

Nah, Jika kita menggunakan easy card, atau pun kartu mahasiswa, hanya diberlakukan NT$15! Duh, inilah nasib orang yang belum mempunyai kartu mahasiswa seperti saya karena kecepetan datangnya😀

[kotak pembelian koin MRT]

routemapDanfengbig

[Map yang ada d sepanjang perjalananan]

2. Bis
Untuk bis sendiri, hanya dikenakan charge NT$15 dan untuk pelajar hanya NT $12. Lagi2, kebersihan dan kenyamanan menjadi unggulan di negara ini.

Taipei_bus_022-FR

Di kendaraan ini ada perbedaan warna kursi. Sama pemberlakuannya seperti ketika kita berada di MRT, yaitu ada disable space, ada tempat untuk ibu hamil atau orang tua, dan juga kursi umum.

taipei013

Untuk pembayaran tiket, kita hanya tinggal mendekatkan easy card kita di mesin pembayaran di Bis.

easy card reader on bus

Oya, for the first time, saya mendapat kesempatan untuk melihat bagaimana mereka yang mengenakan kursi roda ataupun kendaraan motor roda 4 untuk kaum dissable naik ke bis. Jadi, pak supir akan mengeluarkan semacam papan yang ada di dekat tempat duduk. Papan yang cukup besar dan kuat itu yang menjadi jembatan untuk dilewati oleh kendaraan motor roda 4 itu.. Hmm, saya kemudian menjadi tahu fungsi dari kekosongan di sisi sebelah kanan dari bis. Di sisi itulah mereka yang menggunakan kursi roda dan sejenisnya mengambil posisi.🙂

3. Sepeda
Sepeda disini seolah menjadi kendaraan wajib bagi setiap orang. Bahkan profesor yang sekeren apapun tetap menggunakan sepeda untuk pergi ke kampus. Nah, saya sendiri menggunakan sepeda untuk pergi berbelanja, ke taman, atau pun ke masjid besar Taipei.

Pertanyaan yang muncul bagi orang yang terbiasa hidup di Indonesia adalah: Memangnya ndak jauh? Memangnya ndak berbahaya naik begitu di jalan besar? Jawabannya adalah safe. Karena memang ada tempat parkir sendiri, dan jalan sendiri🙂

mrt-gongguan-bike-racks

[Parkiran depan NTU]

Area Pengendara Sepeda dan Pejalan Kaki
Tempat bersepeda dan pejalan kaki]

Yang paling menyenangkan dan membuat orang nyaman berkunjung disini adalah fasilitas bersepeda gratis dari pemerintah yaitu U-Bike. Kita bisa menggunakan sepeda ini hanya dengan modal menggesekan kartu easy card kita ke mesin di samping U-Bike diparkirkan. Nyaman sekali bukan?

12556006413_02258aa7ea_o

Calon pengendara juga dapat mengetahui status ketersediaan dan lokasi u-bike di website

http://taipei.youbike.com.tw/en/index.php

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s