Posted in Catatan Naylaa, Healthy Life

Bau Surga atau ???


Kok judulnya gitu?πŸ˜€ Tulisan kali ini terinspirasi dengan kebiasaan para akhwat untuk melakukan shoum sunnah senin kamis. Tentunya tujuannya mulia, untuk mendekatkan diri dengan Allaah. Belum lagi memang Allaah menjanjikan akan menyediakan pintu surga untuk mereka yang gemar berpuasa. Asik ~ Tapi, kadang dengan aktivitas seorang akhwat yang seabrek akan menjadikan dia lupa untuk memperhatikan satu hal ketika berpuasa. Apa itu? KESEGARAN MULUT.

Sebegitu pentingnyakah? Ya, penting sekali. Bayangkan jika suatu saat kita sedang mengobrol dengan serius, berdua saja membahas tentang kepentingan ummat misalnya, terus tiba-tiba ada angin berhembus dan terciumlah sesuatu dari rongga mulut seseorang yang dalam keadaan berpuasa. Silakan teman-teman bayangkan sendiri saja. Saya sendiri sudah pernah merasakannya. Dan itu reflex membuat saya menggerakan badan saya ke belakang untuk agak menjauh, dan membuat konsentrasi saya buyar.πŸ˜€. Jadi, bukan berarti saya ndak suka dengan yang berpuasa sunnah lho ya. Tapi, ada hal macem begitu yang kadang luput untuk diperhatikan. Lebih-lebih hal itu bisa bikin orang kehilangan rasa PD.

Berbeda dengan teman saya yang satu lagi. Kalau dari segi pemahaman, saya kira si akhwat yang satunya tadi jauh lebih keren pemahamannya dibandingkan teman saya yang satu ini. Teman saya yang satunya ini juga gemar berpuasa sunnah dan istiqomah sekali. Tapi entah kenapa jika berdekatan dengannya saya selalu nyaman. Tidak pernah mengalami pengalaman-pengalaman β€œunik” seperti di awalπŸ˜€.
Nah, untuk menghindari hal tersebut ada dua hal yang bisa kita lakukan. Sederhana sebenarnya, dan itu sendiri sudah saya coba terapkan sih~

Tips pertama, pastikan setelah makan, atau ketika mandi menggosok gigi agar sisa-sisa makanan di mulut hilang. Sebenarnya kan bau itu akumulasi dari sisa-sisa makanan itu. Nah, kalau saya sendiri suka menggosok gigi dua kali ketika pagi biar lebih bersih. Atau mungkin bisa ditiru tips teman saya yang lain. Dia suka membawa kemana-mana sikat gigi. Jadi ketika wudlu dia sempatkan sikat gigi duluπŸ˜€.
Tips kedua, bisa gunakan juga penyegar mulut. Apa namanya ya? Combantrin? Eh? Bukaan!!! Ada juga Pepsodent Mouth Wash atau sejenis itulah~ Lumayan efektif membunuh kuman penyebab bau mulut.

Nah, selamat mencoba 

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

Leave a Reply

