Posted in Catatan Naylaa, Healthy Life

6 KEBAIKAN MANDI SEBELUM SUBUH


Kira-kira pada kepengurusan lalu, saya sempat mabit ke kontrakan salah seorang akhwat. Dan saya heran ba’da qiyamul lail ybs kemudian mengambil peralatan mandi. Saya kemudian bertanya selepas itu, apakah mbaknya tidak kedinginan? Mbaknya tersenyum dan bilang itu sunnah dek dan baik buat kesehatan.
Kemudian saya memutar-mutar otak. Iya juga ya, kalau tidak salah saya pernah membaca salah satu hadits dimana Rasulullaah pernah melakukannya di kitab Praktek Kedokteran Nabi Ibnul Qayyim al Jauziyah. Karena penasaran, saya coba baca referensi yang lain. Nah, akhirnya dapat deh ^^/

Ternyata kalau ditinjau dari segi kesehatan dan ilmu sains, mandi sebelum subuh itu MAKNYUS BANGET (niru kata2 pak bondan). Kandungan gas ozon pada waktu pagi lebih tinggi dari waktu lain. Dan gas ozon ini juga amat penting untuk tubuh. Mandi sebelum waktu subuh bukan saja membersihkan badan dari kotoran dan kuman, tetapi juga memberikan kesegaran dan manfaat. Beberapa diantaranya:

1. Kulit lebih lembut dan halus
Kebanyakan dari kita biasanya akan menggunakan air hangat ketika mandi untuk menghindari air dingin. Pun itu pasti dilakukan jika berada di daerah yang dingin seperti Malang. Tapi, ternyata dengan mandi di jam-jam sebelum subuh bisa mengurangkan kegelapan pada bawah mata. Begitu juga dengan kuku, ia akan menjadi lebih sehat dan tak mudah rapuh. Kulit pun Nampak halus dan lembut. It means, hemat uang salon buat yang suka dandan #lhoh

2. Melancarkan peredaran darah
Yang ndak kalah asik lagi, ternyata mandi jam-jam tersebut dapat memperlancar peredaran darah. Sudah jelas kalau peredaran kita lancar, tubuh akan lebih bertenaga dan aktivitas pun lancar.

3. Meningkatkan kesuburan
Wah, yang ini saya baru tau. Ternyata, mandi sebelum subuh akan memberikan reaksi positif bagi badan. Efek positifnya adalah dapat meningkatkan hormon testosteron pada lelaki dan hormon estrogen untuk wanita. Oo~

4. Mengurangi risiko darah tinggi
Dengan izin Allaah, ternyata bisa mengurangi darah tinggi lho. Jangan lupa diiringi doa juga ya😉

5. Mengurangi Tekanan dan Memberi Ketenangan
Otomatis ketika mandi di jam-jam segitu akan diperoleh air yang dingin atau sejuk. Nah, air yang sejuk akan melancarkan kembali peredaran darah setelah lama berbaring di atas kasur. Spesial case buat temen-temen yang sedang stress atau depresi mengerjakan tesis atau tugas akhir, mandi jam segini bisa menjadi cara terbaik untuk terapi penyembuhan.

6. Meningkatkan sel darah putih
Mandi dengan air sejuk atau dingin juga dapat meningkatkan sel darah putih. Apabila sel darah putih banyak itu berarti daya tahan tubuh akan penyakit pun meningkat. Singkat kata, badan jadi jarang jadi tempat main penyakit. Siip.

Finally, ini jadi pe er buat saya pribadi untuk sering menerapkan. Ternyata, memang tidak ada sunnah Rasul yang tidak baik buat ummatnya bukan?
Semangat Gerakan 2015 Hidup Sehat GO GO! 😉

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s