Posted in Perkuliahan Fasttrack

Preparation to German (part 5)


Hal-hal SUNAT tapi WAJIB..

1. Konsumsi

Nah, jika kita tidak bisa menghemat pengeluaran dari hal-hal di atas yang wajib dikeluarkan tiap bulannya, kita bisa mengakalinya dengan pandai-pandai mengatur biaya konsumsi sehari-hari. Disini Steve member contoh. Dia makan siang di Mensa/cafetaria Univ Duisburg Essen sekitar 2,5 -3,5 euro. Namun, jika ia memasak di rumah akan lebih murah. Dia hanya perlu sekitar 100 euro perbulan untuk konsumsi.

Oya jika kita mengharapkan Jerman seperti Indonesia dimana tiap kampung memiliki pasar, lain halnya dengan di Jerman. Negeri ini tidak memiliki pasar tradisional. So, kita perlu pergi ke supermarket untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Beberapa supermarket yang ada antara lain NETTO, LIDL, ALDI, REWE, Penny, EDEKA, atau pun REAL.

2. Hiburan dan Refreshing Diri

Siapa bilang tinggal di negeri orang tidak bisa senyaman dan sesenang di negeri sendiri?

Nah, kota-kota di Jerman menyediakan berbagai macam even yang menarik untuk dikunjungi. Tiap bulannya selalu diselenggarakan berbagai even. Apalagi jika itu di kota-kota besar seperti Essen, Koeln, Hamburg, Muenchen, atau Berlin. Temen-temen bisa cek di website masing-masing kota. Ups tapi jangan terlena ya. Dari sini jika kita tidak berhati-hati maka kita harus bersiap-siap untuk biaya tak terduga. Kenapa? Karena banyak barang yang dijual dan mungkin menarik minat kita membeli. Waspadalah. Waspadalah.

Melihat cerita singkat di atas, yuk kita buat kalkulasi sederhana pengeluaran. Hm sebulan berarti mungkin 500 Euro (Akomodasi 200, Asuransi 80, Transportasi 30, Internet dan handphone 40, Konsumsi 100, Hiburan 50). Sebentar-sebentar. 500 Euro berapa? Cek web bank ya ^^v. Kalau semisal 1 Euro 12000, 500 sekitar 6juta berarti ya?

Jika masih bingung berapa Rupiah 500 euro. Silakan kunjungi Website Bank Mandiri . Semoga bermanfaat.

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s