Posted in Catatan Naylaa

SOLUSI LANGIT


Berselancar di dunia maya..
iseng2 main k fb nya mbak Pratiwi Kusumowardhani dan membaca tulisan mbak nya.
semoga bisa memotivasi ~🙂

***

Bismillahirrohmanirrohim…

Seorang sahabat sebutlah namanya Budiman, mengeluh (anggaplah curhat) ingin segera menikah, hanya saja belum ada pekerjaan, dan baru saja lulus di program magisternya. Belum tau mau bekerja apa, karena pada saat beliau kuliah, memang hanya mengandalkan proyek-proyek, yang menurutnya tidak bisa dijadikan pegangan, apa lagi nanti saat dia ingin menikah harus membiayai istri beserta seluruh kebutuhannya, beliau hanya pernah membeli motor versi lama, itu satu2nya harta bendanya, tapi sayang harus di gadaikan lagi, untuk membiayai tesis. Lengkap sudah, di akhir kuliah ingin sekali melaksanakan ibadah tersebut, namun ada keraguan yang sangat untuk menyegerakan pernikahannya, finansial.

Suatu ketika beliau bertanya pada seorang teman kepercayaannya sebutlah Pak Alim, yang menurut Budiman, Pak Alim adalah orang yang selalu menunjuki jalan saat beliau sedang galau. Pak Alim ternyata yang membuka wawasannya agar dapat melanjutkan program magisternya. Yang sempat dulunya beliau galau juga dalam pilihan melanjutkan kuliah atau harus bekerja. Pak Alim pun sempat memberikan beasiswa (walaupun bukan beasiswa penuh, hanya memancing semangat) juga kepada Budiman, karena beliau bilang, cita2 tidak boleh putus akibat tidak ada dana.

Selesai kuliah magisternya Budiman kembali bertanya kepada Pak Alim, seperti ini kurang lebih percakapannya:

Budiman : ‘bagaimana pak? Saya ingin menikah namun masih belum punya pekerjaan?
’Pak Alim : ‘mau saya tawarkan solusi langit?’
Budiman : ‘ apa itu pak solusi langit?’
Pak Alim bertanya kembali kepada Budiman,
Pak Alim : ‘ bagaimana kalau Budiman memperbaiki hubungan dengan ke2 orang tua dulu, silaturahim dengan saudara-saudara, insyaallah dilancarkan rezekinya’
Budiman : ‘waaahh.. benar pak, saya memang agak bermasalah dengan bapak saya… entahlah, seperti yg berbeda pola pikir’
Pak Alim : ‘yah wajar,, namanya juga orang tua, beda zaman, beda pendidikan’
Budiman : ‘baik pak, nanti saya coba, walau berat..’

Dan Budiman pun melaksanakan saran dari Pak Alim.

Satubulan pasca wisuda, ada pangilan mengajar di univ. Sesuatu. Budiman mendapatkan tawaran mengajar, dengan salary 1,8 jt , beliau sangat senang, yah..minimal 2-3tahun lagi dengan menabung bisa segera menikah..beliau bercerita kembali kepada Pak Alim.

Budiman : ‘ Pak alim, subhanallah,, ajaib pak, setelah saya silaturahim, memperbaiki hubungan dengan orang tua, saya ditawari mengajar, dan sudah wawancara pak…’
Pak Alim : ‘ bagus donk pak?’
Budiman : ‘ hanya saja salarynya 2,8jt pak, yah.. setidaknya saya bisa nabung pak..untuk merealisasikan niat saya menikah itu..’
Pak Alim : ‘ hehe.. bapak mau saya kasih tips solusi langit berikutnya tdk? ‘
Dan lagi2, dengan semangat beliau menjawab,
Budiman : ‘tentu2 pak, saya sangat berharap mendapatkan nasihat dari Pak Alim..’
Dengan santainya pak Alim mengatakan pada Budiman,
Pak Alim : ‘ hmm, coba ya, pak Budiman terima saja tawaran tersebut, lalu niatkan 2jt untuk orangtua pak Budiman, 800rb buat kebutuhan anda.’
Budiman : ‘ huah.. mana mungkin pak? Saya ada hutang.. lalu saya juga mau kredit motor bekas saja, mana mungkin bisa pak’
Pak Alim : ‘ ya terserah pak Budiman, itu solusi yg saya tawarkan, solusi langit, insyaallah, itu berbalik pak, dari 2,8 jadi 8,2jt J ‘Budiman : ‘hmmm.. baiklah,, saya niatkan dulu’

Sudah sebulan bekerja.. Pak Alim dipangil oleh atasannya, ingin memberitahu sesuatu. Ternyata, hal yang ingin disampaikan oleh atasannya adalah kenaikan pangkat karena sedang restrukturisasi, yang menyebabkan kenaikan gaji, dan (kalo orang jawa sebut ndilalah) nominalnya sama persis seperti yang disampaikan oleh Pak Alim menjadi 8,2 jt. Pak Budiman langsung menghubungi Pak Alim.

Budiman : ‘ Pak Alim, subhanallah.. saya terharu pak. Benar kata pak Alim, semuanya berbalik, walaupun saya hanya berniat saja dan mengazamkan untuk memberi ke orang tua saya, benar jadi berbalik pak..insyaallah saya akan merealisasikan, bahkan saya tidak perlu menunggu 2 sampai 3 tahun lagi menikah, 3 bulan lagi juga saya sudah bisa menikah..’

***

Solusi langit. Based on true story.
semoga bisa menambah keyakinan kita pada Nya🙂
“ALLAH sesuai dengan prasangka hambaNya …
Wallahu’alam.

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

Leave a Reply

