Posted in Ramadhan Ceria

RAMADHAN ITU BIKIN SAKIT???


Puasa, bagian dari ibadah yang harus dilaksanakan oleh umat Islam dalam menegakkan agama, sesudah pernyataan imannya. Konsekuensi beriman antara lain melaksanakan perintah puasa. Betapa pentingnya berpuasa sehingga Allah menempatkan posisi hamba-Nya yang berpuasa dengan posisi yang istimewa. ”Puasa itu untuk-Ku. Tidak ada yang tahu. Dan Aku akan memberi pahala semau-Ku.”
Memasuki bulan puasa, segala persiapan pun dilakukan agar kegiatan puasa dapat berjalan dengan lancar. Begitu pun dengan kesehatan. Dimana kesehatan merupakan salah satu faktor terpenting selama seseorang menjalankan ibadah puasanya.

Alhamdulillah, 10 hari pertama Allah mempertemukan saya dengan orang-orang hebat yang mengisi materi saat subuh dan isya’. Salah satunya adalah seorang dokter (dan afwan, hingga ketiga kalinya saya belum bisa mengingat nama beliau). Dengan bahasa sangat sederhana beliau menyampaikan bahasa-bahasa kedokteran dalam balutan tema puasa.

Lebih detail, tema yang diangkat adalah Puasa dan Kesehatan. Menjalankan ibadah puasa bukan hanya melaksanakan perintah wajib dari Allah SWT, melainkan juga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa yang disampaikan dan mungkin belum kita sadari.

Pertama, puasa mampu Mengistirahatkan sistem pencernaan. Puasa memberi kesempatan kepada alat-alat pencernaan untuk beristirahat setelah bekerja keras sepanjang tahun. Lambung dan usus beristirahat selama beberapa jam dari kegiatannya, sekaligus memberi kesempatan untuk menyembuhkan infeksi dan luka yang ada sehingga dapat menutup rapat. Proses penyerapan makanan juga berhenti sehingga asam amoniak, glukosa dan garam tidak masuk ke usus. Dengan demikian sel-sel usus tidak mampu lagi membuat komposisi glikogen, protein dan kolesterol. Disamping dari segi makanan, dari segi gerak (olah raga), dalam bulan puasa banyak sekali gerakan yang dilakukan terutama lewat pergi ibadah.

Kedua, Puasa akan memperlancar mobilisasi dan pengeluaran racun tubuh, atau bahasa kerennya detoksifikasi.

Ketiga, puasa mampu menenangkan reaksi alergi, termasuk asma dan demam.

Keempat, puasa menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat. Hal ini dikarenakan puasa dapat menormalkan tekanan darah dan setelah puasa tekanan darah akan tetap ideal jika yang bersangkutan tetap menerapkan gaya hidup sehat.

Kelima, puasa ternyata membantu menghilangkan kebiasaan buruk dan kecanduan. Banyak orang bisa terbebas dari ketergantungan terhadap tembakau dan alkohol berkat puasa, bahkan ketergantungan obat.

Keenam, puasa merupakan pintu gerbang yang sempurna untuk memulai pola makan sehat.

Ketujuh, puasa mampu meringankan penumpukan cairan abnormal secara lebih cepat, seperti edema pada kaki atau bengkak di perut. Puasa memberikan pengajaran dan makna bahwa Allah tidak menyukai sesuatu yang lebih dan mengarah kepada keburukan. Seperti halnya mungkin tanpa kita sadari, kita suka makan berlebihan. Tanpa kita sadari, hal itu akan menimbulkan penumpukan pada tubuh dan membuat kerja pencernaan di dalam tubuh menjadi kerja ekstra. Sehingga, momen ibadah puasa bisa dimanfaatkan untuk menjaga pola makan menjadi lebih teratur lagi dan menghindari menu-menu makanan yang tidak sehat dan juga berlebihan. Dengan begitu, saluran cerna dapat terjaga dari asupan makanan yang dapat membahayakan kondisi lambung, dan bisa dijadikan pula sebagai salah satu metode detoksifikasi yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Janji Allah diberikan kepada orang yang berpuasa ditegaskan dengan sabda Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu’aim: ”Berpuasalah maka anda akan sehat.” Dengan berpuasa akan sehat jasmani, rohani dan hubungan sosial.

Maka tidak benarlah anggapan jika puasa itu sia-sia dan merusak kesehatan.πŸ™‚

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s