Posted in Catatan Naylaa

Sekilas tentang Program Pengembangan Kami


Sebagai suatu kerjaaan besar di Indonesia, Majapahit memiliki beberapa peninggalan seni yang bernilai sejarah dan ekonomi tinggi. Peninggalan tersebut merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang wajib kita lestarikan bersama. Namun, hal yang terjadi sekarang adalah banyak karya asli peninggalan majapahit yang dipamerkan dalam beberapa Museum di luar negeri.

Untuk mengurangi keluarnya artefak bersejarah dari daerah Trowulan, masyarakat sekitar desa Trowulan merintis sebuah usaha pembuatan replika patung batu perninggalan kerajaan majapahit untuk melestarikan kebudayaan majapahit. Desa Watesumpak, Trowulan Mojokerto yang 80% penduduknya merupakan pemahat merupakan pusat pengrajin patung batu khas majapahit yang masih bertahan dan terus berkembang. Dari hasil wawancara diketahui bahwa dengan rata-rata penghasilan bersih pengrajin dibawah UMR, yaitu sebesar 750 ribu perbulan, para pengrajin tetap berkomitmen untuk terus memahat dan melestarikan budaya majapahit.

Dalam pemasaran patung batunya, banyak terdapat pembeli yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) pemilik showroom seni di Bali yang kemudian menjualnya ke Warga Negara Asing (WNA) yang berkunjung ke Bali. Pemilik showroom membeli patung batu Trowulan dengan harga rata-rata 1.000.000 – 2.000.000 rupiah kemudian menjualnya kepada turis/kolektor asing seharga 4.000.000 – 5.000.000 dengan margin keuntungan yang berbeda signifikan.

Para pemahat patung batu hanya berkonsentrasi bagaimana cara memahat patung mulai dari awal hingga selesai, tanpa memikirkan cara pemasaran. Padahal, pemasaran merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga eksistensi suatu usaha dan meningkatkan pariwisata daerah Trowulan. Warga desa Trowulan pernah mengajukan permintaan pembuatan showroom kepada pemerintah, namun masih belum trealisasi.

Hal inilah yang kemudian mendasari kami untuk mendesain dan merealisasikan suatu showroom dinamis berbasis website untuk mendukung pemasaran kelas dunia patung batu (worldwide marketing) dengan tema viilage tour agar dapat juga mengilustrasikan keadaan didaerah Trowulan Mojokerto.

Untuk lebih detailnya, silakan kunjungi website kami di http://www.villo-tour.com . Silakan berikan komentar terkait website kami di email: villoonline@gmail.com
🙂

Author:

.: Even though there is no one understand, you still have Allaah. You still have places for sujood :.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s